Life

Munculnya alternatif kiri di Amerika Latin

Di sebagian besar dunia, alternatif kiri yang memajukan program sosialis untuk menghadapi krisis kapitalis yang dihadapi umat manusia telah hilang atau tumbuh dari basis yang sangat lemah setelah 40 tahun ortodoksi sayap kanan mendominasi politik.

Itu tidak benar di Amerika Latin. Pada hari Senin akan ada pemilihan di Brasil yang akan melihat kembalinya pemimpin Partai Buruh dan mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva ke kursi kepresidenan negara itu. Ini adalah perubahan haluan yang luar biasa setelah dia dipenjara selama dua tahun dan dicegah untuk berpartisipasi dalam pemilihan sebelumnya dan dengan demikian memastikan kemenangan bagi Jair Bolsonaro yang berhaluan kanan seperti Trump.

Saat ini pemerintah sayap kiri, dengan berbagai tingkat radikalisme, memerintah di Meksiko, Venezuela, Nikaragua, Peru, Chili, Honduras, Bolivia, Argentina, dan Kolombia.

Berikut adalah gambaran tentang apa yang terjadi di Amerika Latin dari pidato-pidato baru-baru ini di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Presiden kiri Bolivia Luis Arce menggunakan platformnya di Majelis Umum PBB untuk mengusulkan program 14 poin revolusioner untuk mengubah dunia.

Di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, pemerintah Sandinista Nikaragua menyerukan pemberontakan global melawan “sistem imperialis dan kapitalis” yang “mendarahi dunia.” Mengutuk sanksi ilegal dan perang, itu mendesak tatanan multipolar baru.

Presiden sayap kiri pertama Kolombia Gustavo Petro menyampaikan pidato bersejarah PBB yang menyatakan, “Perang melawan narkoba telah gagal.” Dia memperingatkan kapitalisme menghancurkan lingkungan, dengan “kecanduan uang dan minyak,” dan menyerukan penghapusan utang untuk Global Selatan.

Dalam pidato pertamanya di PBB, Presiden sayap kiri Honduras Xiomara Castro mengecam kolonialisme, “ketidakadilan neoliberal,” dan perusahaan asing yang telah mengeksploitasi negaranya. Menyerukan multipolaritas, dia menyatakan, “Kita tidak akan pernah lagi membawa stereotip republik pisang.”

Artikel sebelumnyaMEDIAWATCH: Debat walikota Newshub Nation Auckland: Wayne Brown membenci jurnalis
Artikel berikutnyaUntuk semua yang terus mengatakan tidak ada konsekuensi bagi perampok ram

Di sini Kami akan Merekomendasikan website https://enjoy-spain.com/ yang dapat kamu pakai untuk memperoleh berita terupdate tiap tiap harinya.